MAKALAH
BERDAGANGAN SEBAGAI
SUMBER MATA PENCAHARIAN DOMINAN DI POLEWALI MANDAR
Nursiah_H0417334
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SULAWESI BARAT
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas berkat, rahmat dan
karunianyalah penyusun bisa menyelesaikan makalah mengenai “PERDAGANGAN SEBAGAI
SUMBER MATA PENCAHARIAN DOMINAN DI POLEWALI MANDAR” ini dengan baik meskipun mengandung banyak
kekurangan didalamnya. Penyusun juga mengucapkan banyak terima kasih pada dosen
pengampu mata kuliah WAWASAN SOSIAL
BUDAYA di Universitas Sulawesi Barat yang telah memberikan tugas ini kepada
penyusun.
Penyusun sangat berharap makalah ini
dapat berguna untuk menambah wawasan dan ilmu mengenai meteor yg menjadi salah
satu benda langit yang ada di sistem tata surya kita. Penyusun juga sepenuhnya
menyadari bahwa didalam makalah ini ada banyak kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, penyususn berharap adanya kritik, saran dan masukan
demi perbaikan makalah yang telah penyusun buat di masa yang akan datang,
mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa ada saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat
dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun
ini dapat berguna bagi penyusun sendiri
maupun orang yang membacanya. Sebelumnya penyusun memohon maaf apabila terdapat
kesalahan kata-kata yang kurang berkenan serta penyusun memohon kritik dan
saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan
datang.
Majene,
10 Mei 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PEGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Perumusan
Masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian perdagangan
2.2 Tujuan perdagangan
2.3 Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan
2.4 Tugas-tugas perdagangan
2.5 Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan
2.6 Dampak dalam Berdagang
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
3.2
SARAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi kini setiap
perusahaan mengubah format strategi pemasaran salah satunya berorientasi pada
bagaimana membangun perusahaan yang kuat. Oleh karena itu, perusahaan harus
mengembangkan strategi pemasarannya agar tetap bertahan ditengah-tengah
gelombang persaingan untuk memasuki pasar yang cukup tinggi. Dan satu yang
tidak boleh dilupakan oleh perusahaan adalah konsumen, perlu disadari bahwa
perubahan gaya hidup saat ini menyebabkan konsumen juga mempunyai cara sendiri
dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
Setiap perusahaan dalam memasarkan produknya menerapkan berbagai macam strategi
pemasaran. Kegiatan pemasaran pada intinya memfokuskan diri pada produk,penerapan
harga, kebijakan distribusi dan cara promosi, yang dalam hal ini dikenal
sebagai bauran pemasaran. Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan sesuatu
strategi. Strategi ini tentunya harus mampu memberikan kontribusi terhadap
pencapaian tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualan. Maka dari itu
masyarakat Indonesia saat ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang
perdagangan, bagaimana cara berdagang yang baik dan benar sehingga dapat sukses
dalam berdagang, khususnya para generasi muda, terutama mahasiswa, mereka
dituntut untuk dapat menemukan trobosan-trobosan baru dalam berdagang, sehingga
kegiatan perdagangan dapat mencapai kesuksesan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari perdagangan?
2. Apa tujuan dalam berdagang?
3. Hal-hal apa saja yang mendorong orang untuk melakukan perdagangan?
4. Apa saja tugas-tugas pedagang?
5. Alat-alat apa saja yang digunakan para pedagang?
6. Dampak apa saja yang bisa terjadi dalam melakukan perdagangan
1.3 Tujuan
1. Mengetahui pengertian perdagangan
2. Mengetahui apa tujuan dalam melakukan perdagangan
3. Mengetahui hal-hal apa saja yang mendorong masyarakat untuk melakukan
perdagangan
4. Mengetahui tugas-tugas dari pedagang
5. Mengetahui alat-alat yang digunakan para pegangan
6. Mengetahui dampak yang bisa terjadi pada saat melakukan perdagangan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Perdagangan
Perdagangan adalah seluruh kegiatan usaha dagang yang dilakukan orang-orang dan
badan-badan, yaitu dalam pembelian dan penjualan atau pertukaran barang dan
jasa, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
2.2 Tujuan Perdagangan
Tujuan-tujuan
kegiatan perdagangan antara lain:
1. Memenuhi kebutuhan manusia.
2. Memperoleh penghasilan.
3. Mengusahakan pemerataan hasil.
4. Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
5. Mendorong kegiatan ekonomi lainnya.
6. Mendorong kemajuan dibidang-bidang
tertentu.
2.3 Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan
Hal-hal
yang mendorong terjadinya perdagangan yaitu:
1. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
dan beraneka ragam jenisnya.
2. Adanya perbedaan kecakapan antara
manusia yang satu dengan yang lainnya.
3. Letak geografis dimana manusia itu
hidup.
4. Latar belakang dan kemajuan
pendidikan, kebudayaan, berhubungan, dan bidang teknik.
5. Pertambahan jumlah penduduk.
2.4 Tugas dalam berdagangan
Perdagangan adalah merupakan penghubung keduanya, maka pada dasarnya
tugas-tugas perdagangan, antara lain sebagai berikut:
1. Mengumpulkan atau membeli barang
dagangan.
2. Memilih dan mengelompokkan
barang-barang dalam kualitas tertentu
3. Menyimpan barang.
4. Memindah kan barang ketempat yang tidak ada atau
kekurangan barang tersebut.
5. Membagikan atau mendistribusikan
barang dari produsen kepada konsumen dengan jalan penjualan.
2.5 Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan
Untuk
mrncapai kelancaran dalam perdagangan, ada beberapa alat perlengkapan yang
biasa digunakan, antara lain:
1. Alat tukar menukar, seperti: uang kertas dan logam, cek, giro bylet,
kartu kredit, dan lain-lain.
2. Alat-alat pengukur seperti: pengukur berat, pengukur isi, panjang
pengukur luas,dan lain-lain.
3. Dokumen-dokumen dagang seperti: surat kontrak, bukti order, bukti
penawaran, tanda terima, dan lain-lain.
4. Surat-surat berharga seperti : saham, obligasi, wesel bayar, wesel
tagih, sertifikat saham, dan lain-lain.
5. Alat-alat komunikasi seperti: telepon, telegrap, faximili, computer,
surat, media cetak, dan lain-lain
6. Alat transportasi seperti: mobil, motor, kapal laut, pesawat terbang,
kerata, dan lain-lain
2.6 Dampak dalam Perdagangan
1. Dampak Positif
·
Memperluas lapangan kerja
·
Meningkatkan cadangan devisa
·
Memperluas pasar karena dapat memasarkan produk ke seluruh dunia
2. Dampak Negatif
·
Persaingan dimana-mana
·
Banyak Produsen kecil yang tidak mampu bersaing sehingga gulung tikar
·
Adanya pedagang yang meniru barang pedagang lainnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulannya, perdagangan adalah keseluruhan kegiatan
usaha dagang yangdilakukan oleh orang-orang atau badan-badan, yaitu
membeli atau menjual dengan maksud utama memperoleh keuntungan. Hal-hal yang
memotivasi masyarakat untuk berdagang itu karena mendapatkan penghasilan yang
bisa memenuhi kebutuhan. Dampak dalam melakukan perdaganagan itu semua
tergantung dari bagaimana kita melakukan pekerjaan itu, jika kita memiliki
strategi yang kokoh maka kita akan meraih kesuksesan.
3.2 SARAN
Penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun demi penyempurnaan makalah ini.
Demikian makalah ini, semoga materi yang didapatkan
oleh penyusun dapat bermanfaat bagi penyusun itu sendiri maupun orang yang
membacanya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar