Rabu, 09 Oktober 2019

Makalah Wawasan Sosial Budaya



MAKALAH

BERDAGANGAN SEBAGAI SUMBER MATA PENCAHARIAN DOMINAN DI POLEWALI MANDAR




 Disusun oleh :
Nursiah_H0417334


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2018


KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas berkat, rahmat dan karunianyalah penyusun bisa menyelesaikan makalah mengenai “PERDAGANGAN SEBAGAI SUMBER MATA PENCAHARIAN DOMINAN DI POLEWALI MANDAR”  ini dengan baik meskipun mengandung banyak kekurangan didalamnya. Penyusun juga mengucapkan banyak terima kasih pada dosen pengampu mata kuliah  WAWASAN SOSIAL BUDAYA di Universitas Sulawesi Barat yang telah memberikan tugas ini kepada penyusun.
            Penyusun sangat berharap makalah ini dapat berguna untuk menambah wawasan dan ilmu mengenai meteor yg menjadi salah satu benda langit yang ada di sistem tata surya kita. Penyusun juga sepenuhnya menyadari bahwa didalam makalah ini ada banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penyususn berharap adanya kritik, saran dan masukan demi perbaikan makalah yang telah penyusun buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa ada saran yang membangun.
            Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat  berguna bagi penyusun sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya penyusun memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan serta penyusun memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

                                               
                                                                                                Majene, 10 Mei 2018



                                                                                               Penulis

                             

DAFTAR ISI

KATA PEGANTAR
DAFTAR ISI
BAB  I  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Perumusan Masalah
1.3  Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian perdagangan
2.2 Tujuan perdagangan
2.3 Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan
2.4 Tugas-tugas perdagangan
2.5 Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan
2.6 Dampak dalam Berdagang
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
           3.2 SARAN





BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi kini setiap perusahaan mengubah format strategi pemasaran salah satunya berorientasi pada bagaimana membangun perusahaan yang kuat. Oleh karena itu, perusahaan harus mengembangkan strategi pemasarannya agar tetap bertahan ditengah-tengah gelombang persaingan untuk memasuki pasar yang cukup tinggi. Dan satu yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan adalah konsumen, perlu disadari bahwa perubahan gaya hidup saat ini menyebabkan konsumen juga mempunyai cara sendiri dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
            Setiap perusahaan dalam memasarkan produknya menerapkan berbagai macam strategi pemasaran. Kegiatan pemasaran pada intinya memfokuskan diri pada produk,penerapan harga, kebijakan distribusi dan cara promosi, yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran. Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan sesuatu strategi. Strategi ini tentunya harus mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualan. Maka dari itu masyarakat Indonesia saat ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang perdagangan, bagaimana cara berdagang yang baik dan benar sehingga dapat sukses dalam berdagang, khususnya para generasi muda, terutama mahasiswa, mereka dituntut untuk dapat menemukan trobosan-trobosan baru dalam berdagang, sehingga kegiatan perdagangan dapat mencapai kesuksesan.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari perdagangan?
2. Apa tujuan dalam berdagang?
3. Hal-hal apa saja yang mendorong orang untuk melakukan perdagangan?
4. Apa saja tugas-tugas pedagang?
5. Alat-alat apa saja yang digunakan para pedagang?
6. Dampak apa saja yang bisa terjadi dalam melakukan perdagangan

1.3 Tujuan
1. Mengetahui pengertian perdagangan
2. Mengetahui apa tujuan dalam melakukan perdagangan
3. Mengetahui hal-hal apa saja yang mendorong masyarakat untuk melakukan perdagangan
4. Mengetahui tugas-tugas dari pedagang
5. Mengetahui alat-alat yang digunakan para pegangan
6. Mengetahui dampak yang bisa terjadi pada saat melakukan perdagangan







BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Perdagangan
            Perdagangan adalah seluruh kegiatan usaha dagang yang dilakukan orang-orang dan badan-badan, yaitu dalam pembelian dan penjualan atau pertukaran barang dan jasa, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
2.2  Tujuan Perdagangan
            Tujuan-tujuan kegiatan perdagangan antara lain:
1.      Memenuhi kebutuhan manusia.
2.      Memperoleh penghasilan.
3.      Mengusahakan pemerataan hasil.
4.      Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
5.      Mendorong kegiatan ekonomi lainnya.
6.      Mendorong kemajuan dibidang-bidang tertentu.

2.3  Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan
            Hal-hal yang mendorong terjadinya perdagangan yaitu:
1.      Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan beraneka ragam jenisnya.
2.      Adanya perbedaan kecakapan antara manusia yang satu dengan yang lainnya.
3.      Letak geografis dimana manusia itu hidup.
4.      Latar belakang dan kemajuan pendidikan, kebudayaan, berhubungan, dan bidang teknik.
5.      Pertambahan jumlah penduduk.

2.4  Tugas dalam berdagangan
            Perdagangan adalah merupakan penghubung keduanya, maka pada dasarnya tugas-tugas perdagangan, antara lain sebagai berikut:
1.      Mengumpulkan atau membeli barang dagangan.
2.      Memilih dan mengelompokkan barang-barang dalam kualitas tertentu
3.      Menyimpan barang.
4.      Memindah  kan barang ketempat yang tidak ada atau kekurangan barang tersebut.
5.      Membagikan atau mendistribusikan barang dari produsen kepada konsumen dengan jalan penjualan.

2.5  Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan
            Untuk mrncapai kelancaran dalam perdagangan, ada beberapa alat perlengkapan yang biasa digunakan, antara lain:
1. Alat tukar menukar, seperti: uang kertas dan logam, cek, giro bylet, kartu kredit, dan lain-lain.
2. Alat-alat pengukur seperti: pengukur berat, pengukur isi, panjang pengukur luas,dan lain-lain.
3. Dokumen-dokumen dagang seperti: surat kontrak, bukti order, bukti penawaran, tanda terima, dan lain-lain.
4. Surat-surat berharga seperti : saham, obligasi, wesel bayar, wesel tagih, sertifikat saham, dan lain-lain.
5. Alat-alat komunikasi seperti: telepon, telegrap, faximili, computer, surat, media cetak, dan lain-lain
6. Alat transportasi seperti: mobil, motor, kapal laut, pesawat terbang, kerata, dan lain-lain

2.6  Dampak dalam Perdagangan
1. Dampak Positif
·         Memperluas lapangan kerja
·         Meningkatkan cadangan devisa
·         Memperluas pasar karena dapat memasarkan produk ke seluruh dunia
2. Dampak Negatif
·         Persaingan dimana-mana
·         Banyak Produsen kecil yang tidak mampu bersaing sehingga gulung tikar
·         Adanya pedagang yang meniru barang pedagang lainnya.







BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Kesimpulannya, perdagangan adalah keseluruhan kegiatan usaha dagang yangdilakukan oleh orang-orang atau badan-badan, yaitu  membeli atau menjual dengan maksud utama memperoleh keuntungan. Hal-hal yang memotivasi masyarakat untuk berdagang itu karena mendapatkan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan. Dampak dalam melakukan perdaganagan itu semua tergantung dari bagaimana kita melakukan pekerjaan itu, jika kita memiliki strategi yang kokoh maka kita akan meraih kesuksesan.

3.2  SARAN
Penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan makalah ini.
Demikian makalah ini, semoga materi yang didapatkan oleh penyusun dapat bermanfaat bagi penyusun itu sendiri maupun orang yang membacanya.






DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar: